Selasa, 12 Januari 2016
Berlangganan

Ingin Sehat? Ganti Minuman Berenergi Dengan 6 Makanan Sehat Ini


Tak dipungkiri, mengonsumsi minuman berenergi akan memberikan kamu dorongan energi dengan cepat dan meningkatkan kekuatan fisik kamu. Hanya saja, menuman berenergi ini tak begitu sehat bagi kesehatan kamu karena mereka sarat dengan kafein, gula, dan bahan kimia lainnya.

Jika kamu merasa membutuhkan dorongan energi ekstra, ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu pilih karena mereka juga memiliki manfaat yang hampir serupa dengan minuman berenergi. Terlebih lagi, jenis makanan ini juga berasal dari alam yang aman untuk kesehatan kamu.
Makanan-makanan ini mampu meningkatkan energi kamu sekaligus meringankan kelelahan.

Makanan-makanan ini secara umum mengandung antioksidan yang dikenal sebagai quercetin. Ini adalah jenis antioksidan yang membantu pembentukan mitokondria baru dalam sel-sel tubuh. Mitokondria disebut sebagai sumber kekuatan sel. Organel ini membantu otot untuk mengambil jumlah oksigen secara maksimum saat melakukan aktivitas fisik.

Penasaran apa saja makanan-makanan tersebut? Melansir dari boldsky.com berikut ini merupakan deretan makanan yang mampu menggantikan fungsi minuman berenergi.

#Bawang Merah


Bawang merah sejumlah 100 gr mengandung energi yang mampu meningkatkan quercetin sekitar 20mg. Bawang merah mampu mengisi tubuh kamu dengan energi sehingga berefek pada peningkatan stamina. Tak hanya itu, bawang merah mampu meredakan peradangan tubuh, mencegah alergi dan masalah pernapasan.

#Teh Hijau


Setiap 100gr teh hijau yang diseduh mengandung sekitar 1,69mg quercetin. Tak hanya membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga mampu meningkatkan energi kamu. Teh hijau mengandung kadar quercetin yang lebih tinggi dan kafein rendah sehingga sesuai untuk kamu konsumsi sebelum kamu berolahraga.

#Apel


Sebuah apel kupas dengan ukuran sedang mengandung sekitar 10mg quercetin. Apel dapat menjadi makanan terbaik saat kamu merasa lelah atau energi kamu berada pada titik kritis.
Kamu juga bsia mengonsumsinya dalam bentuk jus atau smoothies.

#Tomat


Tomat sejumlah 100gr mengandung sekitar 58mg quercetin. Kandungan vitamin B6 dan zat besi juga membuatnya mampu membantu tubuh memasok lebih banyak oksigen menuju otot-otot.
Mengombinasikan tomat dengan bawang merah merupakan ide cerdas untuk mendapatkan dorongan energi yang lebih kuat.

#Buah Berry


Buah blueberry sejumlah 100gr mengandung sekitar 7,67mg, dan blackberry dengan jumlah yang sama mengandung 3,58mg quercetin. Kedua buah ini berfungsi untuk mencegah terjadinya nyeri otot setelah latihan.
Tak hanya itu, buah ini juga mampu meningkatkan kekuatan fisik dan stamina, sekaligus mengurangi peradangan tubuh.

#Ceri


Buah ceri manis adalah sumber terbesar dari antioksidan. Ceri sejumlah 100gr mengandung sekitar 2,29mg quercetin.
Buah merah cerah ini berfungsi meredakan nyeri otot dan meningkatkan kinerja fisik tubuh.

Nah, jika kamu ingin mempertahankan kesehatan kamu, sebaiknya kamu memilih untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut untuk meningkatkan energi kamu saat sedang melakukan aktivitas fisik tinggi atau berat seperti olahraga.



*merdeka