Kamis, 31 Desember 2015
Berlangganan

Inilah 3 Bahaya Dari Mengkonsumsi Kacang Secara Berlebihan


Kamu pasti sudah mendengar akan manfaat sehat yang dikandung oleh kacang-kacangan terkait dengan peningkatan kesehatan jantung, melawan kanker, mengurangi risiko alzheimer dan bahkan manfaatnya bagi program diet untuk menurunkan berat badan.

Tetapi meskipun sehat, mengonsumsi kacang-kacangan di luar kendali alias berlebihan justru mendatangkan bahaya bagi kesehatan kita, lo! Apapun yang berlebihan itu memang tidak baik, bukan? Termasuk juga dengan konsumsi makanan-makanan sehat seperti halnya kacang-kacangan. Melansir dari prevention.com, berikut ini merupakan tiga bahaya kesehatan jika mengonsumsi kacang-kacangan berlebihan.

1. Menaikkan Berat Badan Dengan Cepat


Kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang direkomendasikan sebagai sumber protein dan juga serat dalam menu diet kamu. Kacang-kacangan diyakini sebagai makanan yang berperan dalam menurunkan berat badan berlebih atau mempertahankan berat badan yang ideal. Tetapi, satu hal yang sering dilewatkan oleh banyak orang adalah porsi yang tepat untuk mengonsumsi kacang-kacangan tersebut.

Hal yang sebaliknya justru akan terjadi jika kamu mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang besar. Konsumsi kacang-kacangan secara berlebih dapat mempercepat peningkatan berat badan kamu. Ini karena kandungan kalorinya yang cukup padat. Setiap ons kacang-kacangan mengandung lebih banyak energi dibandingkan dengan makanan lainnya. Sebagai contoh, satu ons kacang almond mengandung 163 kalori. Sedangkan satu ons kacang almond yang dimasak sebagai pasta mengandung sekitar 37 kalori.

2. Gangguan Pencernaan


Jika kamu pernah merasa perut kembung setelah mengonsumsi kacang-kacangan, maka ini adalah efek samping yang umum terjadi. Penyebabnya adalah senyawa dalam kacang-kacangan yang disebut dengan phytates dan tanin. Kedua senyawa inilah yang membuat kacang-kacangan sulit dicerna. Saat masuk ke dalam tubuh, kacang-kacangan dapat melewati sistem pencernaan.

Inilah yang memicu adanya gas dan menyebabkan perut menjadi kembung jika kamu mengonsumsi kacang terlalu banyak. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak lemak yang ada dalam kacang-kacangan dalam satu waktu dapat menyebabkan diare.

3.Rambut Rontok


Meskipun sehat, mengonsumsi terlalu banyak kacang-kacangan dapat memicu kerontokan pada rambut kamu. Selain rambut rontok, kerapuhan pada kuku, nafas bau, dan otot sendi yang terasa sakit juga dipicu oleh kelebihan mengonsumsi kacang-kacangan. Biasanya gejala ini dipicu oleh kelebihan mengonsumsi kacang Brasil. Keracunan selenium yang ada dalam kacang brasil adalah penyebabnya.

Satu porsi kacang Brasil (sekitar delapan biji) mengandung sepuluh kali lipat jumlah selenium harian yang direkomendasikan. Kacang Brasil pada kenyataannya memang sangat kaya kan kandungan selenium. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang Brasil tidak lebih dari empat hari (berturut-turut) adalah saran yang direkomendasikan oleh para Ahli.