Kamis, 31 Desember 2015
Berlangganan

Ingin Cepat Tidur Dan Cepat Terlelap? Cobalah 5 Tips Ini


Perkara tidur seringkali menjadi masalah hanya karena mata yang tidak kunjung menutup. Anda sering jatuh ke siklus yang tidak sehat yang dikenal dengan nama insomnia, tanpa mengetahui bahwa cara sederhana berikut ini sebenarnya sudah dapat membantu Anda untuk tidur lelap.

1.Pastikan Kamar Berada Dalam Kondisi Setenang Mungkin
Untuk melakukannya, hindari berbagai gangguan suara yang mungkin dialami, mulai dari dengkuran pasangan hingga suara jalanan. Cobalah memasang peredam suara atau pilihlah ruangan yang jauh dari sumber suara. Gantikan suara dengan musik instrumental yang menenangkan. 

2.Persiapkan Tubuh Anda Sebelum Tidur
Berbaringlah di atas kasur dengan mempraktikkan teknik relaksasi, misalnya dengan meregangkan kaki dan tangan, tahan sampai hitungan ke-7, dan  kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sampai stimulasi terasa di setiap bagian otot, mulai dari ujung kaki hingga ke leher.

3.Catatlah Rutinitas Anda Sehari-hari
Tanpa Anda sadari, apa yang Anda lakukan setiap harinya akan memengaruhi kualitas tidur Anda. Catatlah ke dalam sebuah jurnal berapa banyak kafein yang Anda konsumsi, seberapa sering Anda berolaraga, apa yang Anda konsumsi, kapan Anda tidur dan terbangun serta total jam tidur Anda sehari-hari.

Cobalah melakukan penyesuaian dengan catatan yang sudah dibuat. Setelahnya, konsultasikan hal ini ke dokter untuk membantu Anda menemukan solusi jika Anda tidak kunjung bisa tidur.

4.Jaga Agar Suhu Ruangan Tetap Dingin
Para wanita yang sering mengalami serangan panas di malam hari karena sudah memasuki masa menopause seringkali mengalami insomnia dan sulit tidur. Karenanya, pastikan suhu ruangan tempat Anda tidur berada pada suhu 25 derajat Celsius ke bawah.

Dengan bantuan udara yang sejuk, Anda akan lebih mudah terlelap. Jika masih kurang dingin, cobalah menggunakan kasur pendingin, selimut yang berbahan dingin dan pakailah pakaian tidur yang berbahan katun. 

5.Pastikan Pikiran Anda Ada Dalam Kondisi Rileks Selama Anda Bersiap Untuk Tidur
Sebisa mungkin jangan memikirkan hal-hal yang sudah terjadi sepanjang hari maupun apa yang harus Anda lakukan keesokan harinya. Jika Anda merasa tidak bisa mengontrol pikiran Anda, tuliskan apa saja yang Anda alami sebagai cara melepaskan beban pikiran setidaknya dua jam sebelum Anda tidur.

Tepat sebelum tidur, cobalah melakukan teknik visualisasi, bayangkan pemandangan yang asri dan sunyi, di mana hanya ada diri Anda sendiri. Dengan terus-menerus melakukan hal ini, lama-kelamaan Anda akan terbiasa dan otak Anda akan secara otomatis tertidur.