Rabu, 30 Desember 2015
Berlangganan

Inilah Kelebihan Obat Mata Untuk Luka Yang Jarang Orang Ketahui


Bercukur adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan hampir semua pria, dan bahkan mungkin oleh wanita. Ketika mencukur tak jarang seseorang secara tak sengaja melukai kulit mereka dan membuatnya berdarah. Meski termasuk luka kecil, namun rasa sakit akibat alat cukur tentu tak nyaman.

Jika Anda masih sering terluka akibat pisau cukur, jangan khawatir. Ada cara mudah untuk menghentikan pendarahan dan mengatasi luka akibat bercukur, yaitu dengan menggunakan obat tetes mata. Ya, Anda tak salah membaca. Obat tetes mata bisa membantu Anda mengatasi luka akibat alat cukur, seperti dilansir oleh Men's Health.

Bagaimana bisa? Ini karena adanya zat aktif tetrahydrozoline pada obat tetes mata yang akan mengecilkan pembuluh darah. Sementara zat lainnya seperti zinc sulfate dalam obat tetes mata akan membantu mempercepat pembekuan darah. Hasilnya, pendarahan akan cepat berhenti.

Secara teori, zat pada spray hidung yang bernama oxymetazonne juga bisa digunakan untuk menghentikan luka tersebut. Namun hal ini belum diujicobakan. Meski begitu, jangan terburu-buru mencari obat tetes mata untuk menghentikan pendarahan akibat luka cukur secara langsung.

Dr Joshua Zeichner, seorang ahli kulit dari Manhattan's Mt Sinai Medical Center merekomendasikan agar Anda menekan bagian yang terluka untuk memperlambat pendarahan. Sedikit tekanan akan membantu tubuh untuk membekukan darah secara alami. Selain itu, untuk mempercepat penyembuhan, Dr Zeichner juga menyarankan untuk menggunakan plester cair pada bagian yang terluka. Jika luka cukup besar, ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter.



*merdeka.com