Senin, 21 Desember 2015
Berlangganan

Ini Manfaat Jeruk Nipis Yang Jarang Orang Ketahui


Pohon dari buah ini mudah tumbuh di sembarang tempat. Selain gunanya sebagai penyedap makanan, sudah sejak lama buah ini dikenal juga bermanfaat untuk kesehatan. Antara lain ialah untuk menghilangkan bau ketiak.

Buah Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia Swingle) atau yang sering disebut pula sebagai jeruk pecel, jeruk asam, sitron, banyak ditanam di pekarangan-pekarangan rumah atau di kebun-kebun.
Jeruk nipis adalah termasuk jenis tumbuhan perdu yang mempunyai banyak dahan dan banyak mempunyai ranting. Tingginya bisa mencapai ukuran 6m. Daun pohon jeruk nipis berbentuk bulat telur dan tiap daun memiliki tangkai sendiri.
Bunganya Aurantifolia Swingle adalah berbentuk bintang berwarna putih. Batangnya berkayu keras. Biasanya berbuah setelah umurnya 2,5 tahun. Buahnya berbentuk bulat dan rata, berkulit tipis dan berwarna hijau kekuningan kalau usianya sudah tua. Tempat tumbuh tanaman jenis ini adalah pada ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini dulunya tumbuh secara liar, tetapi sekarang ini telah dibudidayakan.

Tumbuhan ini termasuk familia atau suku rutaceae. Kebanyakan dari jeruk nipis tersebut ditanam dari hasil cangkokan. Tapi dari biji pun dapat diperoleh tanamannya. Namun cara yang kedua ini jarang dilakukan oleh orang. Keistimewaan dari tumbuhan ini dapat tumbuh pada hampir semua tipe tanah.

Sekali tumbuh, tumbuhan ini tidak banyak memerlukan pemeliharaan. Tumbuhan ini berbunga sepanjang tahun, sehingga buahnya pun dapat diperoleh setiap saat.

Kandungan
Buah jeruk nipis ini terutama mengandung banyak asam sitrat, sampai 7,6 persen. Juga didapati adanya damar, lemak, mineral, vitamin B1 dan vitamin C. Selain itu jeruk nipis juga mengandung minyak terbang, antara lain : sitral, limonen, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cadinen, dan linalin asetat.
Rasa jeruk nipis yang asam atau kecut juga bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan pada mulut milik seseorang yang suka menghisap rokok.

Kegunaan
Selain dari manfaat di atas, masih banyak kegunaan-kegunaan dari buah jeruk. Antara lain untuk mengobati penyakit disentri, sembelit, ambeien, haid tidak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing/ vertigo, suara serak, batuk, bau dari badan, menambah nafsu makan, mencegah kerontokan pada rambut, sakit kepala/pusing yang terasa secara tiba-tiba, mengurangi atau menghilangkan ketombe, flu, demam, terlalu gemuk (air buahnya), menghentikan kebiasaan merokok, amandel, penyakit anyang-anyangan, mimisan, radang hidung (getahnya).

Pemanfaatan
Untuk mengatasi sakit disentri, ambeien, mencret: akarnya direbus selama lebih kurang setengah jam, kemudian disaring, airnya diminum.

Demam
Petiklah 2-4 genggam daun jeruk nipis. Rebus dengan 2 sampai 4 gelas air. Gunakan air rebusan ini untuk mengompres pasien yang demam. Caranya dengan membasuh kain pada air rebusan dan diperas, lalu ditempelkan pada dahi penderita.

Batuk Kronis
Peraslah sebuah jeruk nipis yang sudah tua. Ambil air perasannya satu sendok teh. Campur dengan kecap manis. Minumlah tiga kali sehari. Cara lain untuk mengobati batuk ialah dengan memanggang jeruk nipis sebentar di atas api hingga diperkirakan air di dalam jeruk nipis mendidih. Biarkan sebentar hingga buah menjadi terasa suam-suam kuku (menghangat), belah buah jeruk nipis tersebut, lalu langsung peras kedalam mulut hingga mengalir ke tenggorokan. Resep ini baik pula untuk menyembuhkan flu.

Sakit Tenggorokan
Getah dari batang pohon jeruk nipis ditambah dengan sedikit garam juga dapat dipergunakan sebagai obat.

Penyakit Kurang Darah
Siapkan bahan berupa daun bayam duri 25 lembar, telur ayam 2 butir, jeruk nipis 1/2 buah, madu murni 2 sendok makan, serta daun tapak liman 10 lembar. Daun bayam dan daun tapak liman dibersihkan, lalu ditumbuk dan diambil airnya. Air tersebut dicampur dengan kuning telur, jeruk nipis, dan madu. Aduk sampai rata dan diminum 2 kali sehari.

Menghentikan Kebiasaan Merokok
Isaplah seiris jeruk nipis. Rasanya yang asam segar membuat Anda terangsang untuk minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari. Cara ini selain mengurangi keinginan untuk merokok, juga membantu membersihkan nikotin yang sudah terdapat pada gigi dan mulut.

Bau Ketiak Yang Tak Sedap
Siapkan jeruk nipis yang telah dicampur kapur sirih. Setelah mandi, usapkan campuran ini pada ketiak dan biarkan beberapa waktu sebelum dibasuh. Lakukan pagi dan pada sore hari.
Khasiat lain dari perasan jeruk nipis yang dicampurkan kedalam minuman teh, selain dapat menyegarkan tubuh, ia juga mampu memperlancar keluarnya air kencing.



*health.liputan6.com